Coba ajah klik..

Senin, 23 April 2012

Kukang Binatang Malam Yang Unyu-Unyu

Kukang atau banyak yang menyebut dengan nama kuskus (kebanyakan yang menyebut kuskus tahu dari pedagang yang menjual kukang) adalah binatang yang berasal dari ordo primata dan termasuk ke dalam prosimian.
Prosimian adalah salah satu kelompok primata yang merupakan peralihan dari mamalia menuju monyet, mereka tidak termasuk ke dalam monyet ataupun kera. Prosimian sendiri berarti “sebelum monyet” dan menjadikannya kelompok yang paling primitif pada ordo Primata. Contoh lain selain kukang yang termasuk ke dalam kelompok prosimian adalah jenis-jenis lemur dari pulau Madagaskar dan Tarsius dari pulau Sulawesi.
Kebanyakan Prosimian beraktifitas pada malam hari atau nokturnal, sebagai contoh kukang sedangkan yang lainnya beraktifitas pada siang hari atau diurnal seperti lemur.
Habitatnya terbatas pada hutan tropis di berbagai belahan dunia sebagai contoh di Indonesia, Madagaskar dan Vietnam.
Beberapa karakteristik prosimian adalah indera penciuman yang berkembang dengan baik, terdapat cakar pada beberapa jarinya, bagian bibir atas tidak bergerak (hanya yang bawah saja seperti pada manusia). Memiliki formula gigi 2:1:3:3, contohnya 2 gigi seri, 1 gigi taring, 3 gigi susu geraham dan 3 geraham.
Kembali kepada Kukang, terdapat 5 jenis Kukang seluruh dunia yaitu Kukang Kalimantan, Kukang Bengal, Kukang Jawa, Kukang Sumatera dan Kukang Pygmy. Termasuk di dalam genus Nycticebus 3 jenis diantaranya dapat ditemui di Indonesia.
Kukang Jawa- Nycticebus javanicus-Javan Slow Loris
Kukang Jawa
Kukang pertama yang dapat ditemukan di Indonesia dan endemik pulau Jawa. Kukang Jawa termasuk ke dalam satwa yang terancam punah menurut IUCN Redlist. Ciri-ciri yang menjadi khas dari Kukang Jawa adalah garis-garis tubuh yang menyerupai garpu tampak jelas di kepala. Garis di bagian punggung berwarna gelap. Leher berwarna krem (coklat muda). Warna putih intan pada kepala depan. Panjang tubuhnya kurang lebih 295 mm dan beratnya berkisar antara 480-710 kg.
Kukang Sumatera-Nycticebus coucang-Greater Slow Loris


Di Indonesia kukang Sumatera dapat ditemukan di pulau Sumatera sedangkan di luar Indonesia dapat ditemukan di Bagian Barat malaysia, Singapura dan Thailand. Menurut IUCN Red List Kukang Sumatera termasuk satwa yang rentan. Ciri-ciri khas Kukang Sumatera adalah Rambutnya yang berwarna kemerahab. Hidung berwarna merah muda atau abu-abu. Panjang tubuhnya kurang lebih 270 mm dan beratnya berkisar antara 480-710 gram.
Kukang Kalimantan- Nycticebus menagensis-Bornean Slow Loris

kukang kalimantan

Kukang Kalimantan tersebar dari Indonesia (di Kalimantan), Brunei, Malaysia (Sabah dan Serawak), dan bagian Selatan Filipina. Status Kukang kalimantan menurut IUCN Red List adalah rentan. Ciri-ciri khas yang dimiliki antara lain Warna Kepala Sangat Pucat dan memiliki tanda-tanda garis di bagian punggung. Berwarna coklat terang (muda) atau berambut pirang. Panjang tubuhnya 250 mm dan beratnya 260-300 gram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar