Coba ajah klik..

Rabu, 25 April 2012

10 HEWAN MAMALIA TERCEPAT

1. Cheetah 70 mil/jam (112 km/jam)

Cheetah termasuk anggota keluarga kucing (felidae) yang hidup di dataran Afrika. Kecepatan kucing besar ini bisa mencapai 112 - 120 km/jam dalam waktu singkat hingga 460m. Kemampuan berakselerasinya juga tak dapat ditandingi oleh hewan darat lainnya, yaitu antara 0 - 110 km/jam dalam waktu 3 detik, lebih cepat dari beberapa super car.


2. Antelop 61 mil/jam (90 km/jam)
Hewan mamalia ini merupakan anggota dari keluarga bovidae yang bentuknya menyerupai kambing. Gaya berlarinya sangat indah dengan kaki-kakinya yang kuat hingga mampu berlari dengan kecepatan 90 km/jam di seluruh jenis medan kasar. Kemampuan sprint-nya juga lebih lama karena didukung ruang paru-paru dan jantung yang lebih besar.


3. Kerbau Liar Afrika 50 mil/jam (80 km/jam)
Kerbau liar Afrika atau Wildebeest termasuk bagian dari keluarga kijang dengan berat 120 - 270 kg dan mampu berari dengan kecepatan 80,47 km/jam. Hewan ini dapat bertahan hidup hingga 20 tahun. Musuh utamanya adalah singa, hyna, cheetah, dan buaya.


4. Singa 50 mil/jam (80 km/jam)
Singa dikenal sebagai raja segala pemburu yang termasuk dalam keluarga felidae. Meskipun berat tubuhnya mencapai 500 kg, tapi ketika berburu mereka dapat berlari dengan kecepatan 80 km/jam. Hewan ini dapat dijumpai di padang rumput terbuka sub-Sahara, Afrika.


5. Rusa Thompson 50 mil/jam (80 km/jam)
Rusa Thompson diakui sebagai rusa terbaik, dari segi bentuk fisik, kecepatan, dan juga kecerdikannya dibanding jenis rusa lainnya. Rusa ini mampu berlari 80 km/jam dengan gerakan zigzag yang membingungkan musuhnya. Selain itu, mereka sangat peka terhadap suara, penglihatan dan bau yang mengancam hidupnya.


6. Kuda Quarter 47,5 mil/jam (76 km/jam)

Jenis kuda tercepat adalah Quarter Horse. Disebut quarter karena dalam pacuan kuda bisa memimpin hampir seperempat panjang trek dari kuda jenis biasa yang lain. Kecepatan larinya dapat mencapai 76 km/jam. Ototnya besar dan kekar sehingga penampilannya terlihat lincah dan seimbang.


7. Rusa Besar 46 mil/jam (73,6 km/jam)
Rusa ini sering dianggap sebagai rusa terbesar kedua di dunia, dan menjadi salah satu mamalia terbesar di Amerika Utara dan Asia Timur. Hewan ini menggunakan kemampuan berlarinya untuk menghindari bahaya. Dan karena ukuran tubuhnya yang besar, ia jarang diganggu oleh hewan pemburu lain. Tanduknya dapat tumbuh hingga 4 meter.


8. Anjing Pemburu Cape 45 mil/jam (72 km/jam)
Anjing jenis ini menggabungkan antara kecepatan dan kecerdikan dalam memburu mangsanya. Mereka berburu secara berkelompok (6 - 20 anjing) dan sangat teroganisir. Misalnya salah satu anjing mengarahkan mangsanya ke satu tempat, anjing lainnya siap menyerang silih berganti hingga mangsa tak berdaya.


9. Coyote 43 mil/jam (68,8 km/jam)
Coyote merupakan anggota keluarga anjing dan dikenal sebagal serigala Amerika atau serigala padang rumput. Hewan yang satu ini termasuk cerdas dengan indra penciumannya yang tajam. Ia memangsa hewan-hewan kecil seperti kelinci, tikus, tupai, katak, dan ular. Ia hidup secara berkelompok dan berburu sepanjang musim.


10. Rubah 42 mil/jam (67,2 km/jam)
Rubah termasuk anggota terkecil dari keluarga canidae. Mereka dapat ditemui di semua benua, semak-semak dan padang pasir. Mereka adalah hewan omnivora atau pemakan daging dan sayur-sayuran. Kecepatannnya berlari digunakan untuk memburu kelinci, tikus dan bahkan burung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar